SELAMAT JALAN, MASHA.......

Sebenarnya, sudah sejak awal tahun ini suami saya mengingatkan bahwa animasi Rusia "Masha and The Bear" sepertinya akan berakhir di episode ke 52. Setiap muncul episode baru, kami menghitung mundur.
Dan....malam ini...tibalah saat yang mengharukan itu....
Mendapati episode terbaru sudah muncul di Youtube, yang sebenarnya sudah ada dua minggu lalu.....
Rasanya, saya tidak rela, tidak ikhlas, tidak mau berpisah dengan Masha......
Mungkin berlebihan ungkapan perasaan saya, mengingat "Masha and The Bear" bagi sebagian orang merupakan tontonan yang perlu dicaci. Masha seolah hanya menjual kenakalan Masha.
Tapi, buat saya, buat keluarga saya, Masha tidaklah seperti itu. Hampir di setiap episodenya, Masha memberikan pesan, kenakalan itu berakibat buruk bagi Masha pribadi dan orang lain. Diakhiri dengan Masha yang mengakui kesalahan itu.
Episode ke-52 ini, begitu mengharukan. Masha akan pergi bersama Dasha, sepupunya. Pergi, entah kemana. Binatang-binatang hutan pun sedih.
Terimakasih untuk :
Oleg Kuzovkov, selaku sutradara, yang membuat alur serial Masha sangat enak untuk dinikmati.
Alina Kukushkina, yang sangat menghayati karakter Masha dengan suara khasnya.
Boris Kutnevich, selaku penata musik dan pengisi suara beruang, yang membuat seluruh episode Masha sangat bagus dari segi kualitas musik.
Semua animator dan kru, ini sungguh karya animasi yang luar biasa, dari segi kualitas gambar, musik, alur, cerita, dan sebagainya.
Terimakasih telah menemani hari-hari kami selama di Pakistan. Satu hal yang sering saya ulang-ulang kepada anak-anak saya,
"Nak, Masha saja bisa bahagia hidup seorang diri di hutan yang dingin dan salju tebal, cuma bersama binatang-binatang. Bahagia itu di hati, Nak....bukan soal tempat tinggal"
Dari situs resmi dikatakan, Masha akan istirahat dahulu. Tidak tahu akan dilanjutkan atau tidak.
Satu hal penting yang perlu saya garis bawahi: membuat karya idealis, dengan kualitas terjaga selama enam tahun sebanyak 52 episode, ternyata bukan hal yang mustahil. Mereka bisa! Kualitas lebih diutamakan dari kuantitas.
Tapi....
Dalam hati kecil saya....
Saya berharap ada "MASHA THE MOVIE"
Mungkin seperti serial favorit saya "SHAUN THE SHEEP MOVIE"
Berharap......
SELAMAT JALAN, MASHA.....




Lahore, musim gugur 2015