Pengalihan Isu dan Pencitraan

"Ah....ini hanya pengalihan isu, dasar pejabat!"
"Memang, pejabat itu kerjanya cuma pencitraan saja!"

Apakah kita termasuk orang yang pernah "memaki" seperti itu kepada para pejabat negeri? Jika iya, sebaiknya sebelum "memaki-maki" orang lain, tengoklah dahulu status-status yang kita buat di akun media sosial.

Apakah kita sering mengupdate status yang sangat privasi dan mengundang "kepo"? "Kepo", saya baru tahu, kalau artinya adalah rasa ingin tahu dan penasaran. Jika kita terlalu sering mengupdate status tentang kehidupan pribadi, dengan kalimat-kalimat yang disengaja untuk mengundang rasa penasaran, sehingga orang lain selalu ingin tahu update-an status terbaru kita, itu artinya kita sudah berhasil melakukan PENGALIHAN ISU. Orang-orang yang tadinya tidak memikirkan kehidupan pribadi kita, jadi membicarakan tentang kita. Apakah ada manfaatnya? Tidak. Apakah perlu orang-orang sedunia maya mengetahui masalah pribadi kita? Tidak. 

Apakah kita seorang pejabat publik?
Apakah kita seorang publik figur?
Apakah kita seorang selebriti infotaintment?

Bahkan, bagi saya, untuk ketiga jenis orang tersebut pun tak layak untuk diumbar masalah kehidupan pribadinya. 

Pencitraan pun bukan hanya bisa dituduhkan kepada para pejabat. Semua orang bisa melakukan pencitraan di dunia maya. Menurut saya, aneh sekali membohongi publik dunia maya dengan membangun citra kita yang sangat berbeda dengan dunia nyata kita. Dunia maya hanyalah sekedar alat untuk menyambungkan dengan persahabatan di dunia nyata. Persabahatan sebenarnya adalah di dunia nyata, itu menurut saya yang penting.