"Uncle Sajiid"



Suatu siang, saya dan anak-anak ke toko buku Iqraa di dekat rumah. Kebetulan yang menjaga toko adalah Uncle Sajiid, bisa berbahasa inggris lancar dan tertarik dengan lintasan berita tentang Indonesia dari koran berbahasa Urdu.
Uncle : Kamu dari Indonesia atau Malaysia?
Saya : Indonesia
Uncle : Punya saudara perempuan tidak?
Saya : Punya
Uncle : Berapa?
Saya : Lima
Uncle : Lima?? (semakin bersemangat)
Saya : Iya Uncle
Uncle : Sudah menikah?
Saya : Alhamdulillah semua sudah menikah
Uncle : Lima sudah menikah semua?
Saya : Iya Uncle
Dan percakapan pun terhenti. Saya pamit pulang dengan bingung mengapa Uncle tiba-tiba menanyakan saudara perempuan saya. Di tengah jalan, saya berpapasan dengan Imran Bhai, keponakan Uncle yang belum menikah walaupun tampak sudah sangat berumur. Oh, saya menemukan jawaban dari kebingungan saya.



Lahore, 23 Mei 2014