OST Film itu Layaknya Baju

Menurut saya, Original Soundtrack (OST) dalam sebuah film itu layaknya baju. Baju harus pas dengan orangnya. Baju sempit untuk orang gemuk, tidak muat. Baju kedodoran untuk orang kurus, tidak enak dilihat.

Maka, OST pun harus sesuai dengan adegannya. Adegan penting, adegan utama, adegan yang menentukan, harus mempunyai OST yang cocok. Saya pernah melihat film dengan OST bagus, tapi filmnya masih belum bagus menurut saya. Misalnya film... (beberapa film Indonesia).

OST yang belum saya lupa, karena saking bagusnya menurut saya, adalah: (tidak saya rangking)

1. When You Believe (Prince of Egypt, Dreamworks 1998)

Musik lagu ini dikarang oleh Hans Zimmer, sedangkan liriknya ditulis oleh Stephen Schwartz. Musik dan lirik bagus ini sangat mendukung adegan eksodus, saat Prince Musa mengajak bani Israil untuk meninggalkan Mesir. Sebuah babak baru kehidupan dimulai. Adegan dan OST ini mampu mengaduk-aduk emosi penonton. Air mata kesedihan sudah begitu tumpah, kemudian bangkitlah keberanian hidup.

2. I'll Make A Man Out of You (Mulan, Disney 1998)

Musik lagu ini dikarang oleh Matthew Wilder, sedangkan liriknya ditulis oleh David Zippel. Lagu ini tentang percaya pada potensi diri sendiri, menumbuhkan keberanian mengalahkan musuh besar. Adegannya adalah saat Mulan (yang menyamar menjadi laki-laki) berlatih perang, gagal berkali-kali, namun akhirnya menjadi yang terbaik.

3. Let it Go (Frozen, Disney 2013)

Musik dan lirik dikarang suami istri Robert Lopez dan Kristen Anderson Lopez, juga dibantu oleh Christophe Beck. Lirik lagu ini tentang mengeluarkan potensi diri, dan mengalahkan ketakutan dalam diri sendiri. Adegannya adalah saat Elsa berlari meninggalkan istana, saat semua orang sudah mengetahui kekuatannya, kemudian Elsa mengeluarkan powernya untuk membangun istana es.


(insyaallah bersambung)
.