Anne of Green Gables (part 2)

 赤毛のアン (Akage no An) adalah anime Jepang tahun 1979 yang diambil dari novel klasik Kanada Anne of Green Gables tahun 1908. Novel terjemahannya dalam bahasa Jepang pun dinikmati banyak masyakarat Jepang. 

Akage no An, diproduksi oleh Nippon Animations. Jaminan mutu untuk kualitas anime. Sebelum Akage no An, anime terkenalnya yang diambil dari karya klasik adalah Arupushu no Shoujo Haiji (HEIDI).

Siapakah yang memperkenalkan karya klasik internasional ini ke Jepang? Adalah Isao Takahata, sutradara sekaligus penulis skenario.

Bagi peminat anime, mungkin sepakat jika saya mengatakan "cara bertutur ceritanya sangat kreatif." Dan rupanya, ini ada sangkut pautnya dengan perjalanan panjang orang-orang di balik layar dengan sastra-sastra klasik internasional.

Sudahkah prestasi Isao Takahata sampai situ saja? Tidak. 

Pernah denger Totoro pastinya kan? Atau Spirited Away? Atau Howl's Moving Castle? Itu adalah deretan judul anime, yang cerita, penceritaan, gambar, dan musiknya sangat LUAR BIASA. Bahkan kadang... khususnya HOWL's Moving Castle, saya menyetel, lalu saya pejamkan mata, hanya mendengarkan musik dan dialognya. Dan itu keindahan tersendiri...heavenly sound!!!

Siapa di balik anime-anime hebat itu? Adalah Studio Ghibli. Adalah Hayao Miyazaki. DAN.... adalah Isao Takahata yang turut mendirikan Studio Ghibli.

Dan atas kekaguman saya pada sastra-sastra klasik yang turut membangun peradaban saat ini, maka saya akan mewajibkan setiap anak bangsa untuk membaca sastra klasik. Pilih saya jadi presiden! Wkwkwkwkwkw.......(Kabuuuuuuur.....tutupan panciiii)