Panas-Panas Pakai Kaos Kaki?

Musim panas di Lahore bisa mencapai 47 derajat celcius. Biasanya masyarakat menggunakan pakaian dari kain lawn, kain yang tipis dan adem. Saya, apapun musimnya, pakaian luar saya tetap gamis dan kerudung, cadar, dan kaos kaki. Sudah tiga kali melewati musim panas, masih saja saya mendapati pertanyaan masyarakat Pakistan, "sekarang musim panas, mengapa kamu memakai kaos kami?"

Saya mencoba menjelaskan, mazhab yang saya anut berbeda dengan mazhab yang dianut kebanyakan masyarakat Pakistan. Saya mengikuti mazhab yang mengatakan kaki adalah aurat. Entah mereka paham atau tidak, yang penting saya sudah menjelaskan.

Tapi sebenarnya, ada juga satu hal yang ingin saya tanyakan kepada mereka, "sekarang musim panas, mengapa kamu memakai cadar?". Muka, bagi sebagian orang, adalah wajib ditutup.

Ah, tapi saya tidak pernah menanyakan itu, karena saya pun melakukannya. Ternyata, untuk saat ini, penampilan paling nyaman yang saya rasakan adalah hanya mata yang tampak ketika sedang di ruang publik.