Dahin Baray

Saya pertama kali makan "Dahin Baray"(Baca : Dahi Bale) adalah sewaktu tetangga saya, Afsheen, mengirim semangkok. Mencicip sedikit, oweeeek.....mau muntah!

Dahin Baray terbuat dari gorengan dari tepung baisan, kol, bawang, tomat, semacam perkedel kentang, semua diremdam yoghurt dan ditabur masala (bumbu) chaat. Rasanya pedes, asem, gurih.

Ramadhan pertama di Lahore, tiga tetangga datang mengantri! Antri untuk mengirim makanan. Ck,ck,ck... MashaAllah. Dan semua makanan adalah gorengan pakora dan Dahin Baray. Oweeeeek.

Rupanya pakora dan dahin baray memang khas makanan pembuka puasa.

Lihat dahin baray, mau muntah, tapi tidak dimakan mubadzir dan tidak menghormati yang memberi.

Akhirnya, saya coba cicip. Sambil merem-merem makannya. Saya cicip lagi. Cicip lagi. Wah, ternyata bisa dimakan.

Singkat cerita, lidah saya ternyata berjodoh dengan dahin baray. Malah jadi suka. Suka banget. Apalagi kalo cuaca gerah, pengin makan yang segar-segar tapi nggak ngenyangin, ya Dahin Baray.

Kalo ke pasar Ichra, pengin nongkrong di warung, saya pilih dahin baray.
Kalo ke taman, pengin duduk-duduk dekat tenda makan, saya pilih dahin baray.
Kalo nggakpergi kemana-mana, pengin dahin baray, ya ke dapur saya, bikin sendiri.
Nikmatnyaaa....

Sekian.