Citizens Infotainment

Dahulu populer istilah Citizens Journalism atau Jurnalisme Warga, yaitu kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Arus informasi pun tidak lagi menjadi monopoli pemilik dan pekerja media.

Maraknya media sosial membuat partisipasi warga semakin meningkat tajam dalam arus informasi dan berita, baik yang disusun oleh dirinya sendiri, maupun sharing  dari orang lain. Tak hanya informasi yang bermanfaat untuk orang lain, bahkan informasi seputar kehidupan pribadi.

Masih ingat definisi infotainment? Infotainment adalah berita ringan yang menghibur atau berita hiburan. Infotainment di Indonesia kemudian dikenal juga sebagai acara "gosip", menyiarkan kehidupan pribadi seseorang publik figur. Pembawa acara infotainment akan menggiring penonton untuk menggosipkan artis yang pacaran, putus cinta, menikah, selingkuh, cerai, dan lain sebagainya. Siapa bintang infotainment itu? Artis, pejabat publik, atau publik figur lainnya.

Zaman berkembang. Pola arus informasi pun berubah. Sekarang infotainment tak lagi monopoli stasiun televisi, juga tak lagi monopoli artis atau publik figur yang bisa menjadi bintangnya. Kepemilikan akun media sosial, membuat setiap warga bisa mengumpulkan dan melaporkan informasi kehidupan pribadinya kepada publik. Maka, "Citizens Infotainment" pun tercipta.  

Menggabungkan definisi dua kata tersebut, menurut hemat saya, Citizens Infotainment adalah kegiatan penyiaran informasi yang sifatnya menghibur atau seputar kehidupan pribadi seseorang, yang dilakukan secara pribadi oleh warga pemilik akun media sosial.

Maka, selamat datang di era CITIZENS INFOTAINMENT.


-in my humble opinion-



-  -