4 JAJANAN TRADISIONAL ASIA SELATAN YANG WAJIB ANDA CICIPI


Beberapa jajanan tradisional berikut sudah menjadi "bintang film" di film-film yang sukses di pasar film internasional.
1, JALABI
Jalabi ini muncul di film Australia "LION" (2016) karya sutradara Garth Davis. Kue rasa manis ini muncul dalam beberapa adegan. Film yang berdasarkan kisah nyata Sheru Munish Khan dalam buku A LONG WAY HOME ini mengisahkan bahwa Sheru (Saaroo) kecil yang miskin ini punya impian bisa makan Jalabi dan bisa membeli Jalabi satu toko. Dua puluh lima tahun kemudian, memori masa kecilnya, memori tentang desanya, tiba-tiba muncul kembali saat dia melihat sepiring kue Jalabi di dapur teman kuliahnya di Australia. Dan karena Jalabi ini, Sheru berani memutuskan untuk menempuh perjalanan panjang Australia - India untuk menemukan cinta sedalam lautan, cinta sang Ibu dan kakaknya.
2. GOL GAPA
Gol Gapa menjadi jajanan terakhir untuk Geeta dan Babeeta di film India "DANGAL" (2016), sebelum mereka menjadi pegulat. Film karya Nitesh Tiwari ini menceritakan bahwa pantangan bagi pegulat adalah memakan gorengan dan makanan pedas. Gol Gapa muncul dalam beberapa adegan, termasuk adegan anak-anak makan Gol Gapa di pasar, sedangkan Geeta dan Babeeta hanya bisa memandang iri.
3. SAMOSA
Ingat adegan di film India PK (2014), saat Peekay berdoa minta makanan di kuil? Lalu seorang ibu memberikan gorengan berbentuk segitiga? Nah, itulah samosa. Jajanan ini sangat populer dan tak mengenal musim. Apalagi jika hujan turun, bisa dipastikan warung-warung samosa dipenuhi pembeli. Dalam film karya Rajkumar Hirani, samosa muncul dalam dua adegan.
4. DAHIN BARAY
Nah, inilah jajanan paling lezat. Bacanya "dahi bale". Ini jajanan surga! Rasanya asam, gurih, segar, pedas. Campuran yoghurt, gorengan, sayur, saus mint, saus asam, dan rempah-rempah ini mampu mengubah musim panas yang kejam menjadi sepoi-sepoi serasa di surga. (Hiperbolis). Sayangnya, sepengetahuan saya, tidak seperti Jalabi, Gol Gapa, dan samosa, jajanan dahin baray ini belum menjadi bintang film.
Kalau ke Pakistan, India, atau Bangladesh, pastikan cicipi jajanan ini. Mantap!

(Sama seperti kalau ke Tegal, jangan lupa tahu aci dan teh poci. Kalau ke Brebes, jangan lupa telor asin dan bawang. Hehehe)