PASSWORD MAN

Ada seorang Proffesor wanita asal Eropa yang pernah bekerja di Lahore. Setiap kali dia sampai di Lahore, dia harus menelpon Ibunya yang di Eropa dengan mengatakan "Saya sudah bertemu Mr. X". Bagi Ibunya, ketika nama Mr. X disebut, sebuah ketenangan besar didapat. Mr.X semacam "password" untuk bisa tetap bekerja aman dan nyaman di Lahore. Mr. X ini berprofesi asisten khusus untuk para Professor dari luar negeri.

Di lingkungan rumah saya di Lahore, juga ada orang yang semacam "password" untuk masalah-masalah kemasyarakatan. Kalau ada problem trafo listrik meledak atau masalah lain, jika saya sudah mendengar suara "password man" itu, saya tenang. InsyaAllah masalah selesai. Kepada "password man" ini pula, kami sering meminta bantuan jika ada masalah-masalah selama tinggal di Lahore.

Nah, ternyata dalam hidup ini perlu "password man", seseorang yang menjadi harapan, yang kita harapkan bisa menyelesaikan masalah. "Password man" ini yang jika kita sebut namanya, ada sebuah ketenangan.

Maka, pastikan kita benar dan tepat dalam mendefinisikan "password man", pastikan pula kita berani menobatkan dia sebagai harapan akan sebuah ketenangan, harapan akan selesainya masalah-masalah hidup.


- senandung doa dan cinta dari Lahore, untuk Jakarta -