My Little Hero (Part 2)



Assalamualaykum ....

Perkenalkan, aku belum punya nama, tapi orangtuaku sekarang memanggilku "Kakak", karena aku anak sulung. Saat ini usiaku masih hitungan 3 bulan dalam kandungan. Ohya, aku mau ngelanjutin ceritaku yang "Part 1".

Waktu aku datang ke rahim Ummiku, katanya ada yang berubah. Jam tidur Ummi yang memang sudah banyak, bertambah banyak. Dan satu hal mengherankan sekaligus mengejutkan : Ummi jadi susah makan. Padahal, siapapun yang mengenal Ummi saat lajang pasti tahu, Ummi banyak makan. hehehe. Tapi Alhamdulillah, Ummi nggak parah-parah amat. Kadang masih bisa kok, makan nasi padang 1 bungkus. hehe

Alhamdulillah, di usia yang belum genap 4 bulan, aku udah diajak perjalanan jauh. Di usia yang baru beberapa minggu, aku udah diajak mendaki Punclut, 'puncak'nya Bandung. Ini tepatnya saat Ummi belum tahu kalau aku udah ada di rahimnya. Aku dan Ummi diajak jalan-jalan Bu Lik Amel (teman SMA Ummi) jalan-jalan ke Punclut waktu Abi ada rapat kerja IMMPAS seharian.


Aku juga sudah diajak Abi naik pesawat ke Jogja. Waktu itu, Kata Abi, cuaca sedang buruk. Sempat agak susah landing, muter-muter aja di atas. Tapi aku nggak begitu ngerasain, karena Ummi tidur nyenyak di bahu Abi. Di Jogja aku nginap di Kaliurang, di Wisma PLN milik kantor Embah Kakung. Dingiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin....banget. Ummiku belum terlatih dengan cuaca dingin. Makanya Abi suka nasehatin biar Ummi latihan tinggal di cuaca dingin, biar nggak kaget kalau suatu saat mesti tinggal di Eropa (nb: Eropa adalah mimpi-mimpi indah Ummi dan Abi).

Pulangnya, bareng Embah Kakung dan Embah Putri, aku melakukan perjalanan Jogja-Jakarta, 14 jam! Alhamdulillah, Embah Kakung ahli nyetir, sangat hati-hati kalo ada guncangan. Abi juga, saat gantian nyetir selalu berusaha agar laju mobil tetap nyaman untukku.

Saat ini, aku lagi belajar banyak hal. Abi pengin banget aku jadi ahli sholat malam (Qiyamulail) dan puasa sunah. Jadi Abi selalu nyemangatin Ummi dan aku buat bangun malam kemudian sahur. Abi juga sering banget nanyain Ummi udah tilawah apa belum. Kata Ummi, saat ini aktivitas ibadah hariannya memang lagi turun. Ummi banyak tidur, sehingga jam belajar baca Al Qur'anku sedikit. Tapi alhamdulillah, walaupun sedikit, Ummi tetap mengusahakan aku belajar Al Qur'an tiap hari. Aku juga sudah belajar membaca. Paling enggak, Ummi menyempatkan baca artikel dari internet usai jam kerja atau baca majalah saat tengah malam. Ohya, pengin tahu nggak kenapa Ummiku bacanya tengah malam? Hemmm.... biasanya, di hari kerja, ummi bangun 2 kali. Pertama, biasanya karena aku lapar. Jadi sambil nyuapin aku, Ummi sambil baca majalah. Kadang juga aku bangun karena pengin ke kamar mandi. Habis itu, biasanya Ummi nggak bisa langsung tidur. Kedua, ummi bangun buat Qiyamulail. Nah, Abi suka mbangunin kalo pas jam Qiyamulail. Karena Abi dan Ummi berjauhan, jadi cuma bisa lewat handphone. kadang juga Ummi yang mbangunin Abi.

Hari ini, Kamis, nggak seperti biasanya. Aku lagi nggak puasa. Tadi pagi, habis qiyamulail, Ummi tertidur lagi. Makanan buat sahur cuma dipegang. Bangun-bangun udah lewat shubuh. Hiks... Hiks... Jadinya Ummi nggak sempet nyuapin aku sahur. Pagi-pagi aku lapar, jadinya membatalkan puasa. Kata Abi nggak papa, soalnya 'kan aku masih belajar puasa. Dan nggak boleh maksain diri juga kalo memang nggak kuat puasa.

Ohya, di kantor Ummi suka "diomelin" sama temen-temen kantor (Budhe Ike, Budhe Iyay, Budhe Rizka, Pak Dhe Ade, Om Jo, dan Om Abas). Kenapa "diomelin"? Hayooo tebak... Nah, benar sekali. Soal makan tentunya. Ummi saat ini lagi makannya sedikiiiiiit.... Kata Ummi, cepet kenyang. Kalo banyak-banyak, perut jadi nggak enak. Ummi juga kalo makan Luammmmaaa....banget. Makan jam 12.00, baru bisa benar-benar habis jam 13.00. Ummi sukanya kalo makan sambil ngobrol. Ngobrolnya rameee....banget. Apalagi kalo Budhe Iyay dan Budhe Ike nambahin obrolannya. Wah, bisa-bisa aku lama nih "pending" makannya. Tapi aku seneng kalo Ummi banyak ngomong, itu tandanya Ummi sehat. Kalo lagi sakit, Ummi jadi males ngomong. Ummi juga kelihatan ceria kalo udah mulai ngobrol. Selalu aja ada yang bisa bikin Ummi tertawa. Aku suka itu.

Udah dulu ya ceritanya. Pokoknya, aku sayang Ummi dan Abi. Seperti Ummi dan Abi yang bahagia dengan kehadiranku, aku juga bahagia bisa melengkapi hari-hari Ummi dan Abi.




Jakarta Timur, Februari 2008