Esmaani

Saya saat ini sedang sangat suka lagu Hamza Namira, penyanyi muslim dari Mesir. Lagu yang sangat saya suka adalah Esmaani (Listen to Me / Dengarkan saya / Rungokna Enyong / Sun Le).  Musiknya sesuai selera saya. Liriknya sungguh bagus.  Saya kagum dengan Mahmoud Farouk, yang membuat lirik ini.

Berikut terjemahan lirik Esmaani, dalam bahasa Malaysia (resmi dari AWAKENING RECORDS):


Hidupku tidak pernah atas pilihanku sendiri
Engkaulah yang selalu memaksaku dan membuat keputusan untukku
Engkau menganggapku hanya seperti bayang-bayang
Seolah-olah aku dan generasiku hanya kanak-kanak kecil

TIDAK!
Kami sudah bosan menjadi senyap saja
TIDAK!
Aku ingin jeritkan ini sekuat hatiku:
"Dengar kepadaku! Engkau yang membuatkan aku hilang semuanya
Engkau yang membawaku ke masa lampau
dan memenjarakanku di dalamnya
Engkau yang menghancurkan impianku,
bila engkau mengawalnya
Apa yang tinggal untukku?"

Kami generasi yang beruban di umur mudanya
Setiap impian hanya membawa lebih kesakitan,
setiap tapak bertambah derita
Kami pikul beban hidup dan merasai kepahitannya bertahun-tahun lamanya
Dan kau masih ingin kami hidup dalam kehinaan

TIDAK!
Dalam satu perkataan aku sebutkan pada kau:
TIDAK!
Aku tidak akan menjadi klon masa lampaumu
"Dengar kepadaku! Engkau yang membuatkan aku hilang semuanya
Engkau yang membawaku ke masa lampau
dan memenjarakanku di dalamnya
Engkau yang menghancurkan impianku,
bila engkau mengawalnya
Apa yang tinggal untukku?"

Mengapa aku perlu menjadi seperti engkau, hanya sekadar hidup?
Dan menjadi sesat dalam hidup

TIDAK!
Aku akan memilih jalanku sendiri
dan aku akan melawan dengan degil
Inilah masaku untuk beraksi