Mengapa Perlu Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar?

Dalam berkomunikasi memang yang terpenting adalah lawan bicara memahami apa yang disampaikan kita. Titik. Tujuan dari komunikasi sudah tercapai, meski dengan bahasa yang bagaimanapun.

Namun, saya selalu menekankan pentingnya kita tahu dan bisa bicara bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya belum bisa, namun saya sedang belajar.

Mengapa?

1. Jika kita menjadi pejabat publik, saat diwawancarai media massa, maka sangat penting untuk mampu mengutarakan pesan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Jika menjadi aktor atau pengisi suara film dengan latar belakang zaman dahulu, maka sangat penting untuk bisa bicara bahasa Indonesia yang baik dan benar, tanpa kaku dan tetap sesuai karakter.
3. Jika menjadi pendidik, sangat penting untuk membiasakan diri dan anak didik bicara bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Jika harus bertemu dengan orang dari negara lain yang ingin belajar bahasa Indonesia, maka akan lebih mudah jika kita mengajarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
5. Jika menikah dengan orang dari negara lain, kemudian ingin anaknya bicara bahasa Indonesia, maka akan lebih mudah mengajarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.