Nyamuk, Kamu Tidak Tahu Nyamuk?

Hujan di Lahore akan datang di peralihan antara musim yang satu ke musim yang lain. Misalnya dari musim dingin ke musim semi.

Sebagai negara dengan curah hujan sedikit, orang-orang Pakistan pada umumnya sangat takut dengan hujan. Hujan membuat jalanan becek dan tergenang karena pembuatan saluran yang buruk. Satu hal yang sangat mereka takuti adalah NYAMUK.

"Kalau ada hujan ini, biasanya akan banyak nyamuk", kata kawan suami saya.
"Nyamuk???", suami saya terkejut.
"Iya, Nyamuk. Kamu tidak tahu nyamuk? Itu lho binatang yang kecil-kecil dan bisa terbang...."
"Maksud saya, nyamuk itu sahabat lama juga sahabat karib orang-orang Indonesia."

Lahore, di tempat saya, MENURUT KAMI, jumlah nyamuk sangat sedikit bila dibandingkan jumlah nyamuk di rumah kami di Indonesia.

Dalam setahun, saya bisa mengingat jumlah nyamuk yang saya lihat. Paling banyak lima ekor.