Bahasa Na'Vi "Avatar" dan Bahasa Minions

James Cameron tahun 2009 mengeluarkan film yang luar biasa laku, yaitu Avatar yang menampilkan cerita bangsa primitif, suku "Na'vi". Tentu saja, ini suku fiksi saja, namun James Cameron sangat "niat" membuat bahasa sendiri untuk suku Na'vi. Bahasa Na'vi, menurut wikipedia, sengaja dibuat khusus untuk film ini, dengan mendatangkan pakar bahasa.

Saya protes, "Ada banyak sekali bahasa di dunia ini, mengapa James Cameron bersusah-susah membuat bahasa baru untuk suku Na'vi? Mengapa tidak menggunakan bahasa yang belum menjadi bahasa internasional, misal bahasa kota saya, bahasa Tegal?"

Tapi, tentu saja ya, protes saya tidak berguna.

Enam tahun kemudian, dunia kembali geger, dengan film Minions (2015) karya "Mas" Pierre Coffin. Saat saya menonton, "Itu minions bicara bahasa apa sih?". Ternyata, menurut wikipedia, minions bicara empat bahasa, yaitu Italia, Spanyol, Inggris, dan Indonesia. Namun, suaranya di"cempreng"kan, sehingga tidak terdengar jelas.

Saya, saat itu, tersenyum. Meski minions tidak bicara bahasa Tegal, namun Pierre Coffin tidak perlu mengeluarkan dana untuk membuat bahasa baru seperti bahasa suku Na'vi. 

Saya tidak bicara pesan moral dan rating kualitas dua film ini ya. Buat yang punya anak-anak, harus membaca literatur sebelum mengajak anak-anaknya menonton Minions.