phd : Gara-Gara Lota

Anda tahu Lota?
Saya juga sebelumnya tidak tahu.

Saya carikan definisinya menurut wikipedia. A Lota (Urdu: لوٹا‎), (Hindi: लोटा) is a small, usually spherical water vessel of brass, copper or plastic used in parts of South Asia. A similar vessel to the lota is the Buta, used in Muslim parts of Africa for personal hygiene and for the Wudu. 

Menurut saya bentuknya mirip tempat menuang air yang ada di rumah saya di Indonesia. Mirip jug. Saya pertama kali lihat lota, ya ingin buat menaruh es teh. 

Tapi di Pakistan, lota ada di kamar mandi. Bukan di dapur!
Saya bingung. Buat apa? Kalau ini buat bersih-bersih usai buang air, bagaimana menggunakannya?

Kebingungan yang sama juga menimpa anak-anak saya, karena ada lota di kamar mandi sekolah.

Akhirnya, awal saya datang ke Pakistan, saya mencari waktu spesial untuk menanyakan ke guru mereka, bagaimana menggunakan lota.

Guru-guru tertawa terbahak-bahak dan tak henti-henti. Seorang guru menutup pintu dan mengatakan kepada salah satu guru, "Ayo Miss, peragakan untuk Miss Isti!"

yang terjadi adalah tidak ada satupun yang bisa memperagakan cara menggunakan lota dikarenakan semua memegang perut tidak bisa menahan tawa. 

Kawan, rasa-rasanya itulah saat saya melihat para guru yang kata anak-anak galak sekali tertawa terbahak-bahak.

Lota,
Benda lucu yang aneh dan membingungkan
Tapi membuat saya menemukan momen indah.