Lidah Rakyat

Bagi saya, makanan paling enak se-kota Tegal (kota kelahiran saya) adalah nasi ponggol. Ini makanan rakyat, mudah sekali menemukan nasi ponggol di kota Tegal. Murah harganya dan mantap. Apalagi ditambah minumnya teh poci. 

Seiring perjalanan hidup, saya kemudian merantau ke Depok dan Jakarta. Bagi saya, makanan paling enak di Depok dan Jakarta adalah nasi uduk. Ini juga makanan rakyat, mudah sekali menemukan nasi uduk di daerah Depok dan Jakarta. Murah dan mantap. Apalagi kalau ditambah tahu isi saus kacang. 

Setelah itu, saya terbang ke Lahore (Pakistan). Awalnya saya khawatir tidak bisa "hidup", karena tidak bisa menemukan nasi ponggol ataupun nasi uduk. Tapi, Allah menjodohkan lidah saya dengan makanan rakyat setempat, yaitu roti daal chana. Murah dan Mudah menenemukannya. Mantap rasanya bila disanding dengan minuman Chai.

Saya berpikir, sungguh beruntung saya punya "lidah rakyat", lidah yang bisa dan doyan memakan makanan rakyat setempat. Coba kalau di Pakistan saya ngotot makannya harus nasi ponggol Tegal atau nasi uduk Depok, wah....bisa-bisa saya sudah sayonara Pakistan.