Cinderella dan Candrakirana

Mana yang lebih populer di telinga anak-anak Indonesia, Cinderella atau Candrakirana? Cinderella memang lebih terkenal karena telah banyak film Disney yang menceritakan tokoh dari dunia dongeng klasik Eropa ini. Sedangkan Candrakirana, sejauh ini saya baru menemukannya di buku dongeng.

Candrakirana adalah tokoh perempuan dari dunia dongeng klasik Jawa Timur. Ada beberapa kisah yang menceritakan tokoh Candrakirana, yaitu Keong Mas, Ande-ande Lumut, dan Panji Semirang.

Bagi saya, karakter Candrakirana sangat menarik! Dia bukanlah putri cantik yang hanya duduk diam menunggu ditolong pangeran tampan. Candrakirana adalah tokoh perempuan yang penuh perjuangan menjaga kisah cintanya.

Candrakirana memang seorang putri kerajaan yang sudah dijodohkan dengan pangeran Inu Kertapati (kelak dikenal Pangeran Kusumayudha). Mereka sudah menikah dan hidup bahagia di kerajaan. Namun konflik muncul menerpa rumah tangga mereka. Dari sinilah, antara kisah Keong Mas, Ande-Ande Lumut, dan Panji Semirang punya versi yang berbeda tentang kehidupan Candrakirana.

Insyaallah, kalau saya sudah banyak riset, saya ingin sekali bisa mendongengkan "Candrakirana" untuk anak-anak saya, dengan alur yang menarik, mungkin....semenarik "Frozen".