Film : Mumble dan Elsa, Kelebihan yang Terabaikan

Ada dua film animasi yang saya suka. Happy Feet 1 dan Frozen. Sampai sekarang, saya masih suka menontonnya. Saya suka tokoh Mumble, si Penguin di Happy Feet dan Elsa of Arandle, Ratu salju di Frozen. Kedua karakter ini menurut saya mempunyai persamaan dan kisah hidup yang agak mirip.

Mereka sama-sama mempunyai sebuah kelebihan yang tidak umum dimiliki orang,
Mereka sama-sama mempunyai orangtua yang tidak memahami kelebihan itu,
Mereka sama-sama mempunyai "pendidik" yang tidak bisa mengarahkan kelebihan itu.
Mereka sama-sama mengasingkan diri,
Sampai akhirnya mengetahui manfaat atau bahaya dari kelebihan itu,
Hingga akhirnya bisa menyalurkan kelebihan itu untuk kebermanfaatan masyarakat.

Mumble mempunyai kelebihan bisa menari, bukan kelainan.
Elsa mempunyai kelebihan mengendalikan salju, bukan kelainan.

Satu hal lagi, saya suka "Let it Go", OST film Frozen. Menurut saya lagu ini semacam luapan hati yang selama ini terpendam. Ingin menyalurkan kelebihan, tapi takut dicemooh, takut membahayakan orang.

Aneh ya, kaum LGBT mengklaim "Let it Go" sebagai lagu kaum LGBT. Bagaimana bisa? Hal yang dimiliki Elsa itu kelebihan, bukan kelainan. Yang dimiliki Elsa itu bisa bermanfaat untuk masyarakat bila disalurkan dengan baik. Sedangkan LGBT itu kelainan yang bila disalurkan akan menimbulkan penyakit fisik, psikis, dan sosial. LGBT memang tidak boleh dikucilkan, tapi harus dicarikan "obat" agar kembali normal.

Coba amati lirik lagu Let it Go. Perlu pemahaman sastra yang agak mendalam untuk memahami maksud lagu tersebut.